Memanfaatkan Ditigal Marketing Pada Penjualan
Tidak dapat dipungkiri, jika
perkembangan teknologi berdampak pada perubahan perilaku konsumen. Di Indonesia
pengguna internet dari tahun ke tahun semakin meningkat. Menurut Data Statista 2019
menunjukkan pengguna internet di Indonesia pada 2018 sebanyak 95,2 juta, tumbuh
13,3% dari 2017 yang sebanyak 84 juta pengguna. Pada tahun selanjutnya pengguna
internet di Indonesia akan semakin meningkat dengan rata-rata pertumbuhan
sebesar 10.2% pada periode 2018-2023. Pada 2019 jumlah pengguna internet di Indonesia
diproyeksikan tumbuh 12.6% dibandingkan 2018, yaitu menjadi 107.2 juta
pengguna.
Dan data berikutnya adalah tahun
2019, dalam 1 tahun berikutnya Januari 2020 terlihat di sini ada penambahan
1,1% populasi yang tadinya 260 an tumbuh menjadi 1,1%. Ada penambahan sekitar
2,9 juta penduduk Indonesia kemudian ketika penduduknya bertambah sebesar 1%
ternyata pertumbuhan penggunaan telepon penggunaan smartphone di sini adalah
tubuh sebesar 4,6% jadi lebih cepat pertumbuhan penggunaan mobile phone
dibandingkan pertumbuhan jumlah koperasi. Begitupun dengan penggunaan internet
pengguna internet terlihat tumbuh sebesar 17% dalam 1 tahun kemudian.
Pertumbuhan sebesar sekitar 8,1% atau12 juta orang pertumbuhannya dalam satu
tahun yang menggunakan media sosial pertumbuhan penggunaan gadget. Kemudian akses terhadap internet dan
aktivitas melalui media sosial tubuhnya sangat cepat dibandingkan pertumbuhan
jumlah populasi itu sendiri hal ini menunjukkan gejala positif yang harusnya
dipandang oleh interpreneur sebagai peluang. Munculnya satu pola baru dalam
konsumen dan kita harus mempertimbangkan media digital sebagai bagian dari
strategi kita tidak hanya melulu terpokus dengan strategi konvensional.
Pikirkan mengenai strategi - strategi
konvensional yang sudah tidak lagi effisien, contohnya orang - orang tidak lagi
memperhatikan Billboard yang ada di jalanan, dan juga sudah tidak lagi membaca
brosur konvensional. Itu tidak cukup efektif dan efisien lagi bagi perusahaan
apa lagi bagi intrapreneur, orang mungkin akan menerima brosur kemudian sudah
lupa naruh brosurnya dimana.
Nah, disinalah kita bisa mengambil
peluang dengan memanfaatkan pemasaran melalui internet. Dengan menggunkan
strategi Digital Marketing.
Digital Marketing atau Pemasaran
secara digital bisa didefinisikan sebagai semua upaya pemasaran menggunakan
perangkat elektronik atau internet dengan beragam taktik marketing dan media
digital dimana kita dapat berkomunikasi dengan calon konsumen yang menghabiskan
waktu di online. Ada beragam akses untuk para calon konsumen agar dapat melihat
penawaran kita, seperti Website, Blog, Media sosial (Instagram, Whatsapp, Line,
dsb). Digital sangat bermanfaat untuk promosi bisnis apa pun. Baik itu
penyediaan layanan, pengembangan aplikasi, atau apapun secara praktis yang bisa
dijual. Dibandingkan dengan pemasaran konvensional, pemasaran digital
memberikan lebih banyak keuntungan.
Digital Marketing adalah alat yang sangat bagus yang dapat
digunakan untuk mempromosikan barang dan layanan. Ada sekitar sembilan jenis
pemasaran digital yaitu,
SEO (Pengoptimalan Mesin Pencari)
Pengoptimalan Mesin Telusur membantu
perluasan visibilitas online dalam hasil yang muncul di mesin telusur. Apa yang
terjadi adalah jika bisnis kita mendapat peringkat tinggi di halaman hasil
mesin pencari (SERP), jumlah lalu lintas yang didapat situs web meningkat.
Dengan penggunaan SEO, kunjungan pasif ke halaman kita juga dapat menjadi aktif
dan menerima lebih banyak daya tarik.
Search Engine Marketing
Search Engine Marketing adalah teknik di mana
bisnis atau perusahaan dapat membeli ruang iklan tertentu. Ini dapat dilihat di
platform pencarian seperti Iklan Bing, Promosi Berbayar Facebook, atau bahkan
Google atau Instagram. Salah satu contohnya adalah iklan berbayar di Instragram.
Pemasaran Media Sosial Media
Sosial sekarang memainkan peran yang sangat
penting dalam promosi barang dan jasa perusahaan mana pun. Ini memberi pemasar
cara untuk terlibat dengan konsumen potensial dengan cara yang ditargetkan. Ini
menghubungkan dengan rentang orang yang jauh lebih komprehensif dengan cara
yang lebih intim. Sangat mudah untuk mendapatkan umpan balik atau keterlibatan
dari media sosial. Media sosial juga digunakan untuk memesan, yang membuatnya
lebih mudah bagi pengguna untuk menemukan halaman tersebut, melihat apakah
halaman tersebut dapat dipercaya, berdasarkan interaksi oleh pelanggan lain,
dan juga melakukan pemesanan tanpa kerumitan.
Perusahaan-perusahaan ini tidak hanya
memposting konten yang berkaitan dengan produk mereka. Membuat pernyataan
tentang situasi saat ini atau memiliki posting hanya untuk kepentingan
keterlibatan dan komentar jenaka semuanya dapat membantu memiliki basis
pelanggan yang besar. Ini memungkinkan visibilitas dan juga promosi produk itu
sendiri.
Pemasaran Konten
Untuk memperkuat visibilitas, reputasi, dan
untuk mengiklankan dirinya sendiri, banyak perhatian dan upaya harus dimasukkan
ke dalam konten. Konten harus tepat, berkualitas baik, transparan, dan tajam
agar menonjol dan meningkatkan SEO.
Digital adalah keuntungan besar
bagi industri bisnis. Ini juga memberi peluang bagus bagi usaha kecil untuk
mempromosikan bisnis mereka. Ini bekerja untuk semua orang dan juga tidak
terlalu mahal untuk digunakan dalam membantu promosi barang atau jasa. Seperti
yang telah disebutkan, saat ini kita hidup di dunia yang berteknologi di mana
segala sesuatu dimungkinkan melalui internet. Fungsi pemasaran digital dan
hanya mungkin karena internet dan tidak ada yang lain. Ini adalah inti dari
pemasaran digital.
Internet mudah diakses oleh semua
orang di belahan dunia manapun. Tidak lagi hanya untuk kelas masyarakat
tertentu. Lebih mudah untuk terhubung dengan orang-orang dan bahkan tanpa harus
bertemu dengan mereka. Pemasaran digital menjadi keuntungan bagi bisnis di era
ini.
Sangat nyaman bagi orang untuk
membeli apa pun yang diperlukan dari internet tanpa keluar dari rumah. Ini
menghemat waktu dan menunjukkan kepada seseorang berbagai ulasan yang
ditinggalkan orang. Seseorang dapat dengan mudah membandingkan harga di
beberapa situs web dan memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.
Ini bermanfaat bagi mereka yang cacat dan dapat membantu mereka menyelesaikan
pekerjaan dan menjalani kehidupan mandiri.
Ini juga membantu bisnis itu
sendiri, besar atau kecil. Para pedagang dapat beriklan dengan lebih sedikit
uang, atau bahkan gratis jika ada yang tahu bagaimana melakukannya dengan baik.
Produk sering kali menjadi viral tanpa ada uang yang diinvestasikan dalam
pemasaran. Ini membantu bisnis kecil secara besar-besaran dan membantu mereka
mendapatkan daya tarik.
Digital marketers (pemasar
digital) yang baik adalah yang memiliki gambaran jelas tentang bagaimana setiap
kampanye digital marketing yang dia miliki mendukung tujuan penawarannya.
Bergantung pada tujuan strategi pemasaran mereka, digital marketer dapat
membuat kampanye yang lebih besar melalui media gratis ataupun berbayar yang
dia miliki. Bentuk pemasaran ini adalah bagaimana seseorang dapat memanfaatkan
teknologi dan memajukan bisnis mereka. Tetapi juga penting bagi pengguna untuk
berhati-hati dengan informasi apa yang ditempatkan di internet agar tetap aman.
Harus ada keseimbangan keduanya, dan perusahaan harus dikenakan pajak atas
jumlah data yang mereka miliki.
Comments
Post a Comment