Memanfaatkan Ditigal Marketing Pada Penjualan

 

Tidak dapat dipungkiri, jika perkembangan teknologi berdampak pada perubahan perilaku konsumen. Di Indonesia pengguna internet dari tahun ke tahun semakin meningkat. Menurut Data Statista 2019 menunjukkan pengguna internet di Indonesia pada 2018 sebanyak 95,2 juta, tumbuh 13,3% dari 2017 yang sebanyak 84 juta pengguna. Pada tahun selanjutnya pengguna internet di Indonesia akan semakin meningkat dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 10.2% pada periode 2018-2023. Pada 2019 jumlah pengguna internet di Indonesia diproyeksikan tumbuh 12.6% dibandingkan 2018, yaitu menjadi 107.2 juta pengguna.

Dan data berikutnya adalah tahun 2019, dalam 1 tahun berikutnya Januari 2020 terlihat di sini ada penambahan 1,1% populasi yang tadinya 260 an tumbuh menjadi 1,1%. Ada penambahan sekitar 2,9 juta penduduk Indonesia kemudian ketika penduduknya bertambah sebesar 1% ternyata pertumbuhan penggunaan telepon penggunaan smartphone di sini adalah tubuh sebesar 4,6% jadi lebih cepat pertumbuhan penggunaan mobile phone dibandingkan pertumbuhan jumlah koperasi. Begitupun dengan penggunaan internet pengguna internet terlihat tumbuh sebesar 17% dalam 1 tahun kemudian. Pertumbuhan sebesar sekitar 8,1% atau12 juta orang pertumbuhannya dalam satu tahun yang menggunakan media sosial pertumbuhan penggunaan gadget.  Kemudian akses terhadap internet dan aktivitas melalui media sosial tubuhnya sangat cepat dibandingkan pertumbuhan jumlah populasi itu sendiri hal ini menunjukkan gejala positif yang harusnya dipandang oleh interpreneur sebagai peluang. Munculnya satu pola baru dalam konsumen dan kita harus mempertimbangkan media digital sebagai bagian dari strategi kita tidak hanya melulu terpokus dengan strategi konvensional.

 Pikirkan mengenai strategi - strategi konvensional yang sudah tidak lagi effisien, contohnya orang - orang tidak lagi memperhatikan Billboard yang ada di jalanan, dan juga sudah tidak lagi membaca brosur konvensional. Itu tidak cukup efektif dan efisien lagi bagi perusahaan apa lagi bagi intrapreneur, orang mungkin akan menerima brosur kemudian sudah lupa naruh brosurnya dimana.

Nah, disinalah kita bisa mengambil peluang dengan memanfaatkan pemasaran melalui internet. Dengan menggunkan strategi Digital Marketing.




Digital Marketing atau Pemasaran secara digital bisa didefinisikan sebagai semua upaya pemasaran menggunakan perangkat elektronik atau internet dengan beragam taktik marketing dan media digital dimana kita dapat berkomunikasi dengan calon konsumen yang menghabiskan waktu di online. Ada beragam akses untuk para calon konsumen agar dapat melihat penawaran kita, seperti Website, Blog, Media sosial (Instagram, Whatsapp, Line, dsb). Digital sangat bermanfaat untuk promosi bisnis apa pun. Baik itu penyediaan layanan, pengembangan aplikasi, atau apapun secara praktis yang bisa dijual. Dibandingkan dengan pemasaran konvensional, pemasaran digital memberikan lebih banyak keuntungan.

Digital Marketing adalah alat yang sangat bagus yang dapat digunakan untuk mempromosikan barang dan layanan. Ada sekitar sembilan jenis pemasaran digital yaitu,

SEO (Pengoptimalan Mesin Pencari)

Pengoptimalan Mesin Telusur membantu perluasan visibilitas online dalam hasil yang muncul di mesin telusur. Apa yang terjadi adalah jika bisnis kita mendapat peringkat tinggi di halaman hasil mesin pencari (SERP), jumlah lalu lintas yang didapat situs web meningkat. Dengan penggunaan SEO, kunjungan pasif ke halaman kita juga dapat menjadi aktif dan menerima lebih banyak daya tarik.

Search Engine Marketing

Search Engine Marketing adalah teknik di mana bisnis atau perusahaan dapat membeli ruang iklan tertentu. Ini dapat dilihat di platform pencarian seperti Iklan Bing, Promosi Berbayar Facebook, atau bahkan Google atau Instagram. Salah satu contohnya adalah iklan berbayar di Instragram.

Pemasaran Media Sosial Media

Sosial sekarang memainkan peran yang sangat penting dalam promosi barang dan jasa perusahaan mana pun. Ini memberi pemasar cara untuk terlibat dengan konsumen potensial dengan cara yang ditargetkan. Ini menghubungkan dengan rentang orang yang jauh lebih komprehensif dengan cara yang lebih intim. Sangat mudah untuk mendapatkan umpan balik atau keterlibatan dari media sosial. Media sosial juga digunakan untuk memesan, yang membuatnya lebih mudah bagi pengguna untuk menemukan halaman tersebut, melihat apakah halaman tersebut dapat dipercaya, berdasarkan interaksi oleh pelanggan lain, dan juga melakukan pemesanan tanpa kerumitan.

Perusahaan-perusahaan ini tidak hanya memposting konten yang berkaitan dengan produk mereka. Membuat pernyataan tentang situasi saat ini atau memiliki posting hanya untuk kepentingan keterlibatan dan komentar jenaka semuanya dapat membantu memiliki basis pelanggan yang besar. Ini memungkinkan visibilitas dan juga promosi produk itu sendiri.

Pemasaran Konten

Untuk memperkuat visibilitas, reputasi, dan untuk mengiklankan dirinya sendiri, banyak perhatian dan upaya harus dimasukkan ke dalam konten. Konten harus tepat, berkualitas baik, transparan, dan tajam agar menonjol dan meningkatkan SEO.

Digital adalah keuntungan besar bagi industri bisnis. Ini juga memberi peluang bagus bagi usaha kecil untuk mempromosikan bisnis mereka. Ini bekerja untuk semua orang dan juga tidak terlalu mahal untuk digunakan dalam membantu promosi barang atau jasa. Seperti yang telah disebutkan, saat ini kita hidup di dunia yang berteknologi di mana segala sesuatu dimungkinkan melalui internet. Fungsi pemasaran digital dan hanya mungkin karena internet dan tidak ada yang lain. Ini adalah inti dari pemasaran digital.

Internet mudah diakses oleh semua orang di belahan dunia manapun. Tidak lagi hanya untuk kelas masyarakat tertentu. Lebih mudah untuk terhubung dengan orang-orang dan bahkan tanpa harus bertemu dengan mereka. Pemasaran digital menjadi keuntungan bagi bisnis di era ini.

Sangat nyaman bagi orang untuk membeli apa pun yang diperlukan dari internet tanpa keluar dari rumah. Ini menghemat waktu dan menunjukkan kepada seseorang berbagai ulasan yang ditinggalkan orang. Seseorang dapat dengan mudah membandingkan harga di beberapa situs web dan memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Ini bermanfaat bagi mereka yang cacat dan dapat membantu mereka menyelesaikan pekerjaan dan menjalani kehidupan mandiri.

Ini juga membantu bisnis itu sendiri, besar atau kecil. Para pedagang dapat beriklan dengan lebih sedikit uang, atau bahkan gratis jika ada yang tahu bagaimana melakukannya dengan baik. Produk sering kali menjadi viral tanpa ada uang yang diinvestasikan dalam pemasaran. Ini membantu bisnis kecil secara besar-besaran dan membantu mereka mendapatkan daya tarik.

Digital marketers (pemasar digital) yang baik adalah yang memiliki gambaran jelas tentang bagaimana setiap kampanye digital marketing yang dia miliki mendukung tujuan penawarannya. Bergantung pada tujuan strategi pemasaran mereka, digital marketer dapat membuat kampanye yang lebih besar melalui media gratis ataupun berbayar yang dia miliki. Bentuk pemasaran ini adalah bagaimana seseorang dapat memanfaatkan teknologi dan memajukan bisnis mereka. Tetapi juga penting bagi pengguna untuk berhati-hati dengan informasi apa yang ditempatkan di internet agar tetap aman. Harus ada keseimbangan keduanya, dan perusahaan harus dikenakan pajak atas jumlah data yang mereka miliki.

Comments

Popular Posts

Anggota